(021) 4514 151 0878 8002 8204 4064

Butuh informasi lebih lanjut? Hubungi Kami.

Tagline yang Menarik dan Kreatif

22 November 2022

Tagline adalah alat pemasaran yang kuat untuk memotivasi pelanggan mendukung sebuah merek.

Tagline yang baik adalah yang dapat langsung dikenali oleh audiens. Tagline merupakan slogan atau frasa yang dibuat para pengiklan dalam bentuk visual maupun verbal yang mengungkapkan betapa pentingnya manfaat dari produk tertentu.

Di tahun 2020, ada lebih dari 100.000 merek yang paten terdaftar di DJKI Indonesia. Oleh karena itu penting bagi para pemilik usaha yang ingin meningkatkan nilai mereknya agar lebih dikenal, menciptakan suatu diferensiasi diantara merek-merek yang sudah ada itu sangat penting. Salah satu diferensiasi yang dapat dilakukan adalah dengan memperkenalkan Tagline untuk mereknya.

Menurut Hartono Yarmanto, Marketing Expert Frontier and Marketing Group, setidaknya ada dua hal yang mesti diperhatikan dalam membuat Tagline untuk merek.

Singkat dan mudah diingat

Tagline baiknya adalah singkat dan mudah diingat sehingga dapat menjadi Top of Mind yang diingat konsumen. Hal mudah yang pertama kali perlu dicari tahu adalah apa keunggulan yang membedakan dan menjadi ciri khas merek Anda dibanding merek lainnya? Setelah itu keunggulan tersebut dapat dikemas menjadi 1 kalimat Tagline yang melekat pada merek anda.

Perhatikan segmen pasar

Hal kedua yang perlu dicari tahu untuk menentukan kalimat Tagline adalah siapa segmen pasar Anda. Masing-masing segmen pasar mempunyai kebiasaan, hobi, dan cara pandang yang berbeda. Siapa segmen pasar Anda akan menentukan kata atau frasa apa yang cocok digunakan agar 1 kalimat Tagline yang sudah terpikirkan oleh Anda itu dapat diingat menjadi Top of Mind di benak konsumen.

Sebagai contoh, jika target pasar merek Anda adalah anak muda yang suka berpetualang, maka penggunaan kata yang bersifat individual, egoistic, playful, funout of the box, dan mungkin liar akan menarik bagi mereka dan dapat menjadi viral di kalangan target market anda. Sementara jika target pasar anda adalah ibu rumah tangga, maka penggunaan kata yang bersifat emosional, family, life, safe, dan empathy akan dapat lebih diterima di benak konsumen anda.

Lebih jauh lagi, jika sebuah Tagline sudah menjadi sangat powerful, Tagline bukan hanya menjadi identitas dari sebuah merek, tetapi bahkan dapat menjadi identitas sebuah kelompok atau komunitas yang mewakili merek tersebut.

Cara membuat slogan

Tagline bisnis yang baik biasanya tidak datang begitu saja. Anda harus menuliskan beberapa ide. Setelah itu, ada baiknya Anda “bermain” dengan ide-ide tersebut di kepala Anda selama seminggu atau lebih.

Brainstorming adalah cara lain untuk menghasilkan ide-ide kreatif baru. Manfaatkanlah teman, keluarga atau rekan Anda. Jangan merasa frustasi jika Anda tidak segera menemukannya, karena untuk menjadi kreatif membutuhkan waktu. Tapi ingat, setiap orang dapat membuat tagline hebat, yang dibutuhkan adalah ide sederhana untuk memulai.

Cari bantuan untuk membuat tagline sempurna

Carilah perusahaan di luar sana yang dapat membuat tagline yang sesuai dengan perusahaan Anda. Namun, pastikan Anda melakukan pekerjaan rumah terlebih dahulu sebelum memesan sebuah paket.

Hal ini penting untuk memberitahu tagline seperti apa yang diinginkan – serius, lucu, atau lainnya. Anda juga harus memberikan latar belakang singkat mengenai perusahaan atau proyek yang Anda tangani dan apa yang ingin disampaikan dari tagline tersebut.

Semakin banyak informasi yang Anda berikan, perusahaan pengembang tagline akan dapat membuat tagline terbaik yang mudah diingat dan kreatif bagi perusahaan Anda.

Berikut 50 perusahan dengan slogan kreatif dan menarik:

  1. LG – “Life’s Good
  2. Apple – “Think Different
  3. Harley Davidson – “American by birth Rebel by Choice
  4. Lego – “Play On
  5. Panasonic – “Ideas for Life
  6. Reebok – “I am what I am
  7. Walmart – “Save Money, Live better
  8. Red Cross – “The greatest tragedy is Indifference
  9. Fortune Magazine – “For the men in charge of change
  10. McDonalds – “I’m lovin it
  11. Levi – “Quality never goes out of style
  12. Nike – “Just Do It
  13. Nokia – “Connecting People
  14. Sony – “Make Believe
  15. Kentucky Fried Chicken – “Finger Lickin good
  16. Electronic Art – “Challenge Everything
  17. Olympus – “Your Vision. Our Future
  18. Burger King – “Have it Your way
  19. Visa – “Its Everywhere you want to be
  20. Coca-Cola – “Twist Cap to Refreshment
  21. Jaguar – “Grace, space, pace
  22. Diesel Jeans – “Be Stupid
  23. Ebay – “Buy it. Sell it. Love it
  24. Energizer – “Keeps going and going and going
  25. L’Oreal – “Because you’re worth it
  26. Nikon – “At the Heart of the image
  27. Google – “Don’t be Evil
  28. 3M – “Innovation
  29. Canon – “See what we mean
  30. Volkswagen – “Think Small
  31. Fedex – “When there is no tomorrow
  32. IBM – “Solutions for a small planet
  33. Disneyland – “The happiest place on earth
  34. Adidas – “Impossible is Nothing
  35. AT&T – “Reach Out and Touch Someone

Itulah beberapa slogan menarik dan kreatif dari beberapa perusahaan terkemuka dunia. Jika Anda terus mencarinya, masih banyak slogan-slogan menarik dan kreatif di luar sana.

Sumber: Marketing.co.id

Suka dengan artikel ini? Bagikan artikel ini ke sosial media Anda.

© 2022.   Hak Cipta oleh    Dilindungi Undang-undang