(021) 4514 151 0878 8002 8204 4064

Butuh informasi lebih lanjut? Hubungi Kami.

10 Tips Marketing Jitu yang Sederhana

22 November 2022

Bicara soal tips-tips marketing, tentunya banyak sekali bukan? Tetapi tidak semua orang bisa menjalankannya dengan baik, anda juga belum tentu bisa mengambil manfaat atau keuntungan dari tips marketing yang anda jadikan sebagai pedoman bukan? Nah ini dia 10 tips marketing yang bisa dipakai oleh semua orang.

1. Mengerti Akan Customer Anda
Mengenal customer anda dengan baik merupakan langkah terpenting dalam proses marketing, semakin akurat info yang anda dapatkan dari customer, maka semakin efektif anda akan sampai ke penjualan.

2. Lakukan Observasi Lingkungan Marketing
Mengenal customer anda itu penting tetapi ada juga kemungkinan peluang bisnis yang muncul sebagai akibat dari perubahan keadaan global, contohnya ada produk baru yang datang tiba di area market anda, Pastikan secara teratur anda melakukan ‘scan’ peluang lingkungan eksternal dan ancaman.

3. Rancang Produk atau Service Anda Di Sekeliling Customer
Rancang dan presentasikan produk anda sesuai dengan yang customer anda inginkan, sekali anda memiliki marketing plan, Anda harus memastikan produk atau service Anda sesuai dengan customer, mulai dari packaging untuk promosi.

4. Pastikan Anda Bekerja Secara Halus dan Efisien
Proses menjalankan bisnis anda itu sama pentingnya dengan produk itu sendiri, pastikan pengiriman cepat, perlakukan customer dengan sopan, berikan senyuman, berikan kejutan dan kenyamanan untuk membuat pelanggan senang, word of mouth juga merupakan alat yang kuat dalam penjualan.

5. Rancang Target Iklan dan Komunikasi Pelanggan
Menempatkan beberapa iklan itu tidak cukup untuk mendapatkan perhatian dari pelangan, pelanggan mendapatkan
pesan marketing setiap hari dalam hidup mereka, dan anda harus melakukan hal yang lebih cantik dan menarik lagi untuk menarik perhatian mereka, gunakan emosional dan rasional argumen untuk mendemonstrasikan penjualan anda, dan beri alasan mengapa mereka butuh dan harus membeli produk anda.

6. Berinvestasi Dengan Orang Anda
Staff atau karyawan adalah aset anda, berikan mereka motivasi dan training untuk melakukan pekerjaan dengan baik, berikan mereka alat yang dibutuhkan, pastikan mereka mengerti tanggung jawab terhadap pekerjaan, jika mereka bekerja bersama sebagai tim yang handal, bisnis Anda akan jauh lebih meningkat.

7. Jaga Kerapihan Tempat Usaha Anda
Kantor atau toko yang rapi mencerminkan seberapa hebat perusahaan anda, buatlah pelanggan anda senyaman mungkin, jika depan kantor atau toko anda berantakan apa yang akan mereka fikirkan tentang perusahaan, gudang, dan sistem anda, mereka akan berfikir jika sistem dan yang lainnya sama berantakannya dengan depan kantor atau toko anda.

8. Memiliki Strategi Harga
Jangan hanya menetapkan harga berdasarkan biaya produksi ditambah margin, harga merupakan alat yang bernilai kuat untuk mendapatkan tujuan anda. Putuskan apa yang ingin anda coba dapatkan dan pesan apa yang bisa anda berikan dengan meningkatkan harga. Harga tinggi itu artinya anda akan mengurangi penjualan, begitu juga sebaliknya, harga murah bisa mendominasi penjualan, pastikan harga merupakan bagian terbesar strategi, cantumkan hal ini ke marketing plan.

9. Tanggapi Komplain Dengan Baik
Tanggapi setiap komplain pelanggan dengan baik dan cepat, ingat bahwa brand mudah rusak, dan kepuasan pelanggan adalah kunci pemasaran anda.

10. Tulis Marketing Plan
Kembangkan strategi anda dalam bentuk tulisan marketing plan, dan memastikan semua member atau tim anda mengerti dengan arahan perusahaan. Plan merupakan dokumen hasil penelitian yang meliputi semua aspek penting produk dan perusahaan anda.

Itulah ke-10 tips marketing yang bisa dipakai semua orang, cukup simpel dan logis bukan?

Sumber: Marketing.co.id

Suka dengan artikel ini? Bagikan artikel ini ke sosial media Anda.

© 2022.   Hak Cipta oleh    Dilindungi Undang-undang