(021) 4514 151 0878 8002 8204 4064

Butuh informasi lebih lanjut? Hubungi Kami.

#LogistikBaik, Lion Parcel Gandeng Setali Kelola Limbah Tekstil dan Fashion

22 Desember 2022

|

Lion Air

 Lion Parcel (PT Lion Express) menggandeng Setali Indonesia untuk mengelola limbah tekstil dan fashion. Kerja sama ini melengkapi inisiatif Lion Parcel dalam komitmen jangka panjangnya untuk menerapkan bisnis yang lebih berkelanjutan dengan terus menebar kebaikan bagi lingkungan lewat program #LogistikBaik.

Produk fashion dan pakaian jadi nyatanya merupakan komoditas yang paling banyak dikirimkan Lion Parcel selama tahun 2021. Namun sayangnya, kenyataan ini berbanding lurus dengan limbah tekstil dan fashion yang menjadi salah satu jenis limbah yang mengkhawatirkan.

Menurut data SIPSN KLHK (Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) tahun 2021, Indonesia telah menghasilkan 2,3 juta ton limbah tekstil atau fashion. Angka tersebut setara dengan 12% dari total sampah yang dihasilkan di Indonesia. Faktanya, hanya 0,3 juta ton limbah fashion yang berhasil didaur ulang.

Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto mengungkapkan, sebagaimana limbah tekstil dan fashion telah menjadi perhatian bagi masyarakat dalam beberapa waktu terakhir, Lion Parcel senang dapat berkolaborasi dengan Setali Indonesia selaku partner dengan visi yang sama untuk mengedepankan komitmen praktik berkelanjutan.

Lewat kerja sama ini, Lion Parcel akan menjadi Official Logistics Partner Setali Indonesia, mendukung pengiriman limbah tekstil dan fashion yang telah dikumpulkan untuk dapat dipilah, diproses, hingga diolah kembali oleh Setali Indonesia menjadi produk fashion daur ulang dengan masa pakai yang lebih lama. Dengan demikian, Lion Parcel dapat turut berkontribusi dalam praktik sustainable fashion untuk mengurangi jumlah limbah dan keseimbangan lingkungan dapat terus terjaga.

Setali Indonesia sendiri lahir pada tahun 2018 sebagai social enterprise yang fokus dalam menangani masalah limbah tekstil dan fashion dengan memperpanjang umur pakaian tersebut lewat upaya memberikan kehidupan baru pada pakaian yang sudah tidak digunakan lagi. Berbagai kreasi baru pun dilakukan untuk bisa meningkatkan nilai dari limbah tersebut dengan mengubahnya menjadi produk fashion baru atau produk lain. Hal baik ini diharapkan bukan hanya berdampak pada berkurangnya limbah tekstil, namun dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada para penjahitnya.

Founder & Advisor Setali Indonesia yang juga dikenal sebagai penyanyi terkemuka di Tanah Air, Andien Aisyah menyatakan, selain aktif dalam kegiatan daur ulang, Setali juga aktif melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat luas akan pentingnya pengelolahan limbah tekstil, declutteringethical fahion, sampai cara memilih bahan kain yang lebih sustainable.

Peresmian kerja sama ini dapat membantu proses operasional Setali dalam menjangkau lebih banyak kota untuk pengolahan limbah tekstil. Kerja sama ini menjadi langkah awal dari kolaborasi jangka panjang antara kedua perusahaan yang akan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari sisi edukasi, workshop, hingga pengolahan limbah fashion dengan penjahit dari jaringan Setali Indonesia.

Sumber Marketing.co.id

Tags

Lion Air

Suka dengan artikel ini? Bagikan artikel ini ke sosial media Anda.

© 2022.   Hak Cipta oleh    Dilindungi Undang-undang