(021) 4514 151 0878 8002 8204 4064

Butuh informasi lebih lanjut? Hubungi Kami.

Gabungkan Aplikasi Pospay dan PosAja, Pos Indonesia Luncurkan Super App Pospay

03 Juli 2023

|

POS Indonesia

PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan super app Pospay di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 26 Mei 2023. Peluncuran super app Pospay dihadiri, Direktur PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi, jajaran Board of Directors PT Pos Indonesia (Persero), dan seluruh Kepala Kantorpos Cabang dari seluruh daerah di Indonesia.

Direktur Operasional dan Digital Service PT Pos Indonesia (Persero), Hariadi, pada pemaparannya menjelaskan bahwa Pospay super app merupakan platform ekosistem yang dibangun oleh Pos Indonesia. “Kita bisa imajinasikan super app Pospay ini sebagai digital etalase Pos Indonesia. Pos Indonesia ke depan hanya akan memiliki satu digital fronting yang kita namakan super app Pospay,” kata Hariadi.

Saat ini Pospay memiliki dua merchant, yaitu produk layanan jasa keuangan Pospay dan PosAja untuk kurir. Ke depan, aplikasi super app ini tidak hanya menampung produk-produk yang dimiliki Pos Indonesia, tapi juga akan menampung produk dari anak perusahaan dan afiliasi. “Ke depannya lagi kami akan menampung produk dan service dari mitra pihak ketiga yang sudah kami kurasi,” ujarnya.

Terkait roadmap digitalisasi pada tubuh dan produk Pos Indonesia, Hariadi menjelaskan super app Pospay adalah salah satu bagian dari fronting yang mereka miliki.  “Nanti dengan adanya enterprise service base kita, internal integration menghubungkan antara fronting yang dimiliki Pos Indonesia, baik yang sifatnya digital maupun physical dengan core yang dimiliki Pos Indonesia: core kurir, sistem logistik. Kami juga akan memiliki EPI, manajemen dengan semua aplikasi pihak ketiga. Dalam mengembangkan platform super app ini kami mengikuti framework dari people, process, and technology,” tuturnya.

Direktur PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi menambahkan, Pospay merupakan bagian dari upaya membantu inklusi keuangan. Pos Indonesia saat ini menggaet para penerima bantuan sosial atau disebut keluarga penerima manfaat (KPM) untuk memiliki rekening Giro Pos. Jika telah memiliki Giro Pos, KPM bisa mengunduh aplikasi Pospay di smartphone dan menikmati layanan jasa keuangan yang tersedia di sana.

“Pembukaan rekening Giropos, digitalisasi, merupakan bagian dari inklusi keuangan. Dengan penggunaan Pospay sebagai digital fintech, kita meningkatkan inklusi keuangan. Kalau tidak punya rekening bank, dia punya rekening Giro Pos yang tersebar di 4.700 Kantorpos dan 121 ribu agen pos seluruh Indonesia. Penerima bantuan sosial secara tidak langsung mempunyai Giropos dan bisa menginstal Pospay. Ini merupakan bagian dari membantu inklusi keuangan,” ucapnya.

Dalam kaitannya dengan penyaluran bansos, Pospay juga bisa digunakan  sebagai alat bantu yang lebih efisien, sekaligus untuk membantu inklusi keuangan.

“Jadi bantuan sosial sebenarnya secara tidak langsung KPM yang menerima itu punya giropos, dan bisa menginstal Pospay. Dan sebenarnya bila mereka (KPM) mempunyai handphone (smartphone) mereka sama dengan punya saving. Jadi ini sebenarnya ini bagian dari membantu inklusi keuangan. Jadi tinggal mengkonversi sedikit lagi mereka install, mereka sudah punya giro mereka sudah punya layanan keuangan. Apakah itu pembayaran listrik, untuk bayar PDAM, bayar pulsa, cicilan motor, bahkan bisa menerima remitansi,” papar Faizal.

Sumber Marketing.co.id

Tags

POS Indonesia

Suka dengan artikel ini? Bagikan artikel ini ke sosial media Anda.

© 2022.   Hak Cipta oleh    Dilindungi Undang-undang