(021) 4514 151 0878 8002 8204 4064

Butuh informasi lebih lanjut? Hubungi Kami.

Blibli Cinta Bumi & Liberty Society Ajak Masyarakat Hidup Lebih Eco-Conscious

16 November 2022

|

Blibli.com

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan dalam mengatasi masalah sampah plastik dan kemasan pada lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, Blibli Cinta Bumi bersama Liberty Society menggelar eksibisi bertajuk Langkah Membumi di ASHTA District 8, Jakarta Selatan.

Lisa Widodo, COO dan Co-founder Blibli memaparkan, berlangsung mulai dari 11 November hingga 4 Desember 2022, eksibisi yang mengusung pengalaman omnichannel ini juga menjadi ajang peluncuran Blibli Cinta Bumi Hub sebagai laman utama kurasi produk eco-conscious di aplikasi dan situs resmi Blibli. Para pengunjung mall dapat melihat dan memiliki beragam produk ramah lingkungan yang telah dikurasi Blibli.

“Eksibisi ini sekaligus menjadi inisiatif ESG pertama di bawah naungan ekosistem Blibli Tiket, di mana Blibli bersama tiket.com dan Ranch Market mengusung visi bersama menjadi ekosistem e-commerce hijau pertama di Indonesia,” ujar dia.

Langkah Membumi sendiri merupakan bagian dari kampanye Blibli Cinta Bumi yang telah berlangsung aktif sejak tahun 2020, termasuk salah satunya seruan untuk hidup lebih eco-conscious melalui ekosistem omnichannel Blibli yang inklusif. Gerakan eco-conscious ini juga secara berkelanjutan telah diterapkan Blibli dimana bekas kardus packaging Blibli yang dikembalikan pelanggan di daur ulang menjadi filler material pengganti plastik bubble wrap.

Selain itu, eksibisi Langkah Membumi ini menjadi fase lanjutan dari gerakan eco-conscious tersebut, tak hanya bertujuan mengajak pelanggan dan seller untuk mengelola sampah plastik dan kemasan dengan bijak guna meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan, sekaligus juga melibatkan komunitas dan pengrajin untuk berinovasi membuat produk dari sampah yang bernilai tambah, sehingga menghasilkan produk baru yang unik, berkualitas yang memiliki nilai jual.

“Kami menyadari bahwa untuk menyelesaikan pekerjaan besar ini, harus bersinergi dengan banyak pihak, mulai dari rantai produksi hingga para pelanggan kami untuk terlibat aktif. Kami percaya, jika terus dilakukan, setiap langkah kecil bisa jadi lebih besar manfaatnya bagi keberlanjutan di sekitar kita,” imbuh Lisa.

Sebagai pelopor ekosistem perdagangan dan gaya hidup omnichannel, Blibli optimis eksibisi ini dapat memperluas dan memperkaya pesan pelestarian lingkungan yang dikampanyekan, khususnya dalam pengelolaan sampah plastik dan kemasan yang memberi nilai lebih, tidak hanya untuk lingkungan, namun juga kehidupan masyarakat luas.

Blibli sendiri, belum lama ini, sukses mengumpulkan lebih dari 2.600 kilogram sampah daur ulang, dari berbagai acara musik dan festival yang berlangsung hingga akhir Oktober 2022. Seluruh sampah daur ulang tersebut terdiri dari sampah plastik dan kemasan yang dikumpulkan dan melibatkan social enterprises Liberty Society untuk proses daur ulang secara ekonomi sirkular, dengan merangkul secara inklusif para konsumen, pelestari, dan pengepul sampah.

Tamara Gondo, CEO & Co-Founder Liberty Society, mengatakan, ”Sustainability dapat menjadi norma, bukan hanya tren, ketika sektor privat menggandeng bisnis sosial seperti kami. Dimana generation muda sangat peduli pada masalah lingkungan dan sosial, kami senang dapat mengedukasi dan membuat produk ramah lingkungan yang mengusung keberlanjutan manusia serta planet melalui kampanye ini. Dari konstruksi booth dan pembuatan merchandise, lebih dari 520 kilogram sampah plastik dan 240 kilogram rice husk telah diolah kembali.”

Di eksibisi Langkah Membumi ini, pengunjung disuguhkan dengan rangkaian talk showworkshop, dan edukasi cara memilah sampah hingga proses mendaur ulang sampah menjadi produk baru yang ramah lingkungan. Pengunjung juga dapat berkontribusi menyumbangkan sampah botol plastik atau kardus yang dimiliki untuk ditukarkan dengan sejumlah reward, diantaranya merchandise Blibli dan tiket.com, serta voucher belanja dari Ranch Market.

Sejumlah produk special edition hasil daur ulang sampah yang berkolaborasi dengan Liberty Society juga bisa dikoleksi, di antaranya laptop casepouch, T-shirt. Tak kalah menarik, berbagai produk kurasi eco-conscious juga bisa ditemukan dari sejumlah brand ternama yang telah bergabung dalam Blibli Cinta Bumi Hub, di antaranya Pijak Bumi.

Sumber: Marketing.co.id

Tags

Blibli.com

Suka dengan artikel ini? Bagikan artikel ini ke sosial media Anda.

© 2022.   Hak Cipta oleh    Dilindungi Undang-undang