(021) 4514 151 0878 8002 8204 4064

Butuh informasi lebih lanjut? Hubungi Kami.

Bagaimana Penilaian Bagi Merek Dalam Survei Top Brand?

22 November 2022

Hasil survei Top Brand selalu ditunggu-tunggu oleh insan merek di Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat predikat Top Brand sudah dikenal luas oleh pelanggan di Indonesia. Bagi para Top Brand Achiever (peraih Top Brand), predikat ini adalah bukti kepercayaan pelanggan kepada sebuah merek.

Kenapa difokuskan para pelanggan? Karena survei Top Brand ditujukan kepada pelanggan sebagai responden utama. Merek-merek yang mendapat predikat Top Brand adalah merek-merek yang dipilih oleh pelanggan secara langsung melalui survei.

Survei Top Brand dilakukan secara independen oleh Frontier Research sejak tahun 2000. Dengan pengalaman selama kurang lebih 19 tahun, survei ini telah dipercaya oleh para pemilik merek dan pelanggan di Indonesia.

Penilaian apakah sebuah merek termasuk Top Brand adalah salah satu hal yang cukup sering ditanyakan. Banyak yang mengira bahwa Top Brand dapat dibeli, padahal kenyataannya tidak demikian.

Ada tiga kriteria yang digunakan dalam mengukur performa merek sebagai acuan untuk Top Brand. Ketiga parameter itu adalah: Mind Share, Market Share & Commitment Share.

Mind Share menunjukkan kekuatan merek dalam memposisikan diri dalam benak pelanggan di kategori produk tertentu.

Market Share menunjukkan kekuatan merek dalam pasar dan berkaitan erat dengan perilaku pembelian pelanggan.

Commitment Share menunjukkan kekuatan merek dalam mendorong pelanggan untuk membeli kembali di masa mendatang.

Hasil dari penilaian ketiga kriteria ini kemudian diolah menjadi Top Brand Index (TBI) dengan cara menghitung rata-rata terbobot masing-masing parameter.

Top Brand Award kemudian diberikan kepada sebuah merek apabila mereka memiliki dua kriteria berikut:
1. Memiliki Top Brand Index minimum 10%, dan
2. Menurut hasil survei, merek tersebut menempati posisi tiga teratas dalam kategori produk

Kedua kriteria ini harus dipenuhi oleh sebuah merek untuk dapat menyandang predikat Top Brand. Perlu diketahui per kategori produk bisa terdapat lebih dari satu merek yang meraih predikat Top Brand (maksimal tiga merek)

Suka dengan artikel ini? Bagikan artikel ini ke sosial media Anda.

© 2022.   Hak Cipta oleh    Dilindungi Undang-undang