(021) 4514 151 0812 9572 1730

Butuh informasi lebih lanjut? Hubungi Kami.

Frequently
Asked
Question

Top Brand adalah penghargaan yang diberikan kepada merek-merek terbaik pilihan pelanggan.

Top Brand didasarkan atas hasil riset yang dilakukan untuk memilih merek terbaik oleh pelanggan Indonesia. Pemilihan oleh pelanggan ini dilakukan melalui survei dari Frontier di lima belas kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Manado dan Denpasar.

Tidak. Merek-merek yang mendapat predikat Top Brand adalah murni atas pilihan pelanggan. Oleh karena itu pemilihan merek dalam Top Brand bersifat independen. Hasilnya pun dipublikasikan secara luas lewat Majalah Marketing.

Ada dua lembaga penyelenggara Top Brand yaitu Majalah Marketing dan Frontier.

Merek tersebut harus terpilih oleh pelanggan melalui hasil survei dengan melihat tiga parameter yakni Top of Mind ShareTop of Market Share dan Top of Commitment Share.

Pemenang Top Brand bisa lebih dari satu namun tidak akan lebih dari 3 pemenang di setiap kategori.

Kriteria pelanggan yang disurvei adalah pria atau wanita berusia 15-65 tahun dengan tingkat SES atau pengeluaran rata-rata keluarga per bulan antara SES D hingga SES A.

Pelanggan yang terpilih untuk disurvei diambil dengan metode multistage random sampling dan survei dilaksanakan dengan metode face to face interview.

Survei Top Brand sudah dilakukan selama lebih dari 20 tahun, dipublikasikan di media dan dipergunakan oleh banyak perusahaan maupun sebagai data pendukung mahasiswa untuk study-nya. Bahkan hasil survei ini kerap dikutip dalam makalah-makalah dan jurnal ilmiah serta pernah dipresentasikan di University of New South Wales di Australia.

Tidak. Pemenang Top Brand didasarkan atas hasil survei independen yang dilakukan oleh lembaga survei independen yakni Frontier. Jika merek perusahaan Bapak/Ibu tidak terpilih oleh pelanggan dalam survei tersebut, otomatis tidak berhak mendapatkan Top Brand. Jadi untuk mendapatkan predikat Top Brand, sebuah brand harus menang dalam survei tersebut bukan membayar untuk menang.

Tidak terdapat pendaftaran khusus untuk mengikuti survei Top Brand karena survei Top Brand bersifat independen. Kategori-kategori yang diikutsertakan dalam survei Top Brand adalah hasil dari diskusi dan analisa dari team Top Brand dan Majalah Marketing. Akan tetapi, Bapak/Ibu dapat mengirimkan product knowledge untuk dipelajari oleh team Top Brand, namun kami tidak menjanjikan merek Bapak/Ibu akan disurvei.

Top Brand adalah logo penghargaan yang paling banyak terekspos dan dikenali saat ini. Oleh karenanya logo Top Brand sudah dipercaya oleh banyak perusahaan yang menggunakannya.

Selain itu dari sisi pelanggan, nama Top Brand mudah diingat pelanggan. Top adalah bahasa umum yang lebih diterima pelanggan.

Top Brand merupakan hasil pilihan pelanggan dan merek-merek yang meraih Top Brand memang terbukti merek-merek yang juara di kategorinya.

Survei Top Brand sudah berlangsung sejak 18 tahun yang lalu, jadi merupakan survei yang sudah lama hadir di Indonesia.

Raihan Top Brand berlaku untuk tahun pemberian saja, tidak untuk permanen karena Top Brand hanya diberikan sekali setiap tahun. Top Brand didasarkan oleh kinerja merek di tahun sebelumnya dan tidak menjamin kinerja merek di tahun mendatang.

Hasil survei dapat dilihat di majalah Marketing pada edisi tertentu atau dapat dilihat di halaman Top Brand Index.

Bisa. Frontier menawarkan laporan detail hasil survei Top Brand dengan penawaran harga tertentu. Detail hasil survei yang diperoleh diantaranya data Top Brand Index, Awareness, Market Share dan Commitment Share yang di cross tab per kota, per usia dan per SES. Selain itu data lainnya yang diperoleh seperti profil demografi, Brand Diagnostic dan Competition Landscape.

Bapak/Ibu dapat menghubungi Frontier di 021-4514151 atau melalui email di yoga@frontier-mr.com atau research@frontier.co.id

© 2022.   Hak Cipta oleh    Dilindungi Undang-undang